ARTIKEL KESEHATAN

Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi dan Dilarang Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, pasti ada rasa ‘balas dendam’ untuk makan makanan yang tidak bisa Anda makan selama masa hamil. Namun perlu diperhatikan guna menjaga kesehatan tubuh pasca melahirkan. Lantas Makanan apa yang Baik Untuk Dikonsumsi dan Dilarang Setelah Melahirkan??

Selamat datang di website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya, kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi dan Dilarang Setelah Melahirkan

makanan-yang-harus-anda-konsumsi-setelah-melahirkanMakanan yang Baik Untuk Dikonsumsi dan Dilarang Setelah Melahirkan – Pasca ibu melahirkan, seorang ibu membutuhkan proses pemulihan agar seluruh tubuhnya dapat kembali normal sama seperti sebelum ibu melahirkan. Masa pemulihan tersebut berlangsung kurang lebih selama 40 hari setelah melahirkan.

Masa nifas atau masa setelah ibu melahirkan sangat membutuhkan perhatian yang lebih sama halnya ketika ibu masih mengandung, terutama kebutuhan akan makanan yang mengandung zat gizi serta cairan dalam tubuh. Selain itu perubahan hormon setelah melahirkan harus segera anda hadapi. Jika anda tidak memperhatikan keadaan tubuh anda maka peran anda sebagai ibu akan terasa sangat melelahkan.

Jika anda tidak segera mengatasinya, kondisi tersebut bisa menyebabkan postpartum depression atau depresi setelah melahirkan yang tidak berakhir lebih dari 10 hari, hal ini disebabkan karena ibu belum bisa menyesuaikan keadaan setelah melahirkan tersebut. Siasati hal tersebut melalui makanan yang dikonsumsi. Makanan selain dapat mempercepat sebuah proses pemulihan, makanan juga dapat berpengaruh terhadap mood, juga meningkatkan kualitas pada ASI.

Berikut Makanan yang baik dikonsumsi setelah melahirkan

makanan-yang-baik-dikonsumsi-setelah-melahirkan

  • Pasta

Salah satu makanan yang baik Anda konsumsi setelah melahirkan adalah pasta. Tidak hanya tinggi kalori, pasta juga tinggi energi sehingga pasta dapat Anda konsumsi satu jam setelah melahirkan.

  • Keju

Makanan berikutnya adalah keju. Produk olahan susu ini kaya akan kalsium. Baik untuk Anda yang juga menyusui.

  • Buah dengan rasa asam

Banyak buah yang dapat Anda konsumsi setelah melahirkan, contohnya jeruk, nanas, atau anggur. Konsumsi buah dengan rasa asam ini dapat membantu datangnya flu, ingat! anak Anda masih rentan. Jika Anda terkena flu, Anda tidak bisa dekat-dekat dengan si kecil.

  • Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung asam folat yang baik dikonsumsi setelah melahirkan. Mengonsumsi segenggam biji bunga matahari sebelum menyusui, akan meningkatkan produksi ASI.

  • Kopi

Selama kehamilan, Anda dilarang keras untuk mengonsumsi kopi karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin. Tetapi setelah melahirkan, Anda boleh mengonsumsi segelas kopi. Segelas kopi akan membuat Anda rileks dan memberikan Anda energi pasca melahirkan.

  • Susu

Susu merupakan minuman yang tinggi kalsium. Mengonsumsi susu sangatlah baik pada masa setelah melahirkan dan menyusui. Ada baiknya jika Anda minum segelas susu satu jam sebelum menyusui bayi Anda yang baru lahir.

  • Sayuran berdaun

Si ibu baru harus makan banyak sayuran berdaun untuk menyeimbangkan vitamin K. Vitamin K akan membantu bayi menyerap zat besi yang dihasilkan melalui ASI.

  • Ikan

Asam lemak dan omega 3 yang biasa ditemui pada ikan semacam salmon dan tuna dapat membantu perkembangan otak dan mata bayi Anda. Tetapi para ahli mengatakan, Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari dua porsi ikan selama seminggu.

  • Karbohidrat sehat

Anda butuh karbohidrat untuk mengganti tenaga Anda yang hilang. Beberapa jenis karbohidrat yang sehat yang harus Anda konsumsi setelah melahirkan adalah beras merah dan gandum.

  • Granola

Granola adalah makanan dari Amerika seperti bar yang mengandung gandum, kacang-kacangan, dan madu. Granola baik dikonsumsi ibu yang baru melahirkan karena mengandung serat yang baik untuk usus. Selain itu, Granola juga dapat membangun kekuatan otot Anda.

Makanan yang dilarang setelah melahirkan

Selain dianjurkan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi untuk memulihkan kondisi fisik yang lemah setelah bersalin, Anda juga perlu menghindari beberapa pantangan makanan terutama pada 7masa-masa pemulihan (selama 40 hari setelah melahirkan).
Berikut ini daftar makanan yang dilarang setelah melahirkan :
  • Makanan Pedas

apakah-makanan-pedas-menyebabkan-sakit-maag-alodokter

Jenis makanan yang dipantang setelah melahirkan yang pertama adalah makanan-makanan pedas. Sambal, cabai, merica, dan sejenisnya, bila dikonsumsi setelah hamil bisa mengakibatkan bayi yang disusui terganggu sistem pencernaannya. Jika si ibu makan-makanan pedas, otomatis air susunya juga akan berasa pedas. Jika air susu ini diminum oleh bayi yang baru dilahirkan, maka bayi tersebut kemungkinan akan diare dan mencret.
  • Makanan Berminyak

Pantangan makanan setelah melahirkan selanjutnya adalah makanan berminyak. Minyak atau makanan berlemak bila dikonsumsi saat setelah bersalin diyakini dapat memperlambat penyembuhan luka, baik luka pada kemaluan si ibu maupun luka pada potongan pusar si bayi. Meski banyak dokter membantah keyakinan tersebut, namun pada kenyataannya pantangan makanan satu ini memang terbukti. Anda dianjurkan makan makanan yang diolah tanpa minyak atau diolah dengan sedikit minyak.

  • Makanan Asam

Makanan asam juga dipantang untuk dikonsumsi ibu yang baru saja melahirkan. Alasannya, selain karena bisa membuat si bayi yang menyusu menderita perut kembung dan diare, makanan ini juga dapat membuat rahim si ibu yang belum pulih benar menjadi bengkak dan sakit. Perhatikan betul pantangan satu ini jika Anda ingin Anda dan buah hati Anda tetap sehat.

  • Telur dan Ikan Asin

Telur dan ikan asin juga merupakan salah satu pantangan makanan setelah melahirkan yang wajib dihindari. Meski nilai gizinya dapat memulihkan kondisi fisik tubuh yang lelah, namun proteinnya yang tinggi bisa membuat luka akibat persalinan terasa gatal dan menjadi lama sembuhnya. Bukan hanya untuk si ibu, si bayi yang mengkonsumsi air susu ibunya juga akan mengalami hal serupa. Luka di pusarnya akan terus basah dan tidak lekas kering.

  • Ikan Berpatil

khasiat-alami-makan-ikan-lelel

Bagi sebagian besar masyarakat Jawa, ikan-ikan yang memiliki patil atau alat sengat juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang baru saja melahirkan. Makanan jenis ini dipercaya dapat membuat si ibu hamil mengalami sakit seperti ditusuk-tusuk duri dalam rahimnya. Anda boleh mempercayai mitos ini, tapi boleh juga tidak. Tapi yang jelas, beberapa kejadian memang pernah membuktikan hal ini.

Demikianlah Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi dan Dilarang Setelah Melahirkan. Pada masa nifas memang harus benar-benar memperhatikan makanan karena akan berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran anda. Mengingat merawat bayi perlu tenaga yang ekstra anda harus memperhatikan nutrisi dan vitamin dalam tubuh serta untuk meingkatkan kualitas ASI anda. Terima kasih & Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://carapemesanansupercoq10capsule.wordpress.com untuk update informasi menarik dan bermanfaat seputar kesehatan.

Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi dan Dilarang Setelah Melahirkan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s